Rabu, 13 Juli 2011

Macam-macam Jaringan

Computer (LAN ,MAN,WAN, Internet, Jaringan Tanpa Kabel)




1. Local Area Network (LAN) Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedunc atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakab untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantoX suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resoucel misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
 
2. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel 

3. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkatkeras dan perangkat lunak yang berbeda-beda . Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung qo jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan. hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

5. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karen` koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringab tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
Topologi Bus
Topologi bus biasanya menggunakan kabel koaksial dan Rj-45 untuk koneksingnya. topologi buk mempunyai kekurangan dan kelebihan yaitu : Kelebihan: hemat kabel layout kabel sederhana mudah dikembangkan Kekurangan: deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil kepadatan lalu lintas bila salah satu clieng rusak maka jaringan tidak bisa berfungsi. diperlukan repeater untuk jarak jauh
Topologi Rinc
Topologi ring sebetulnya sama seperti topologi bus hanya topologi ini bentuknya seperti cincin atau lingkaran. kelebihan dan kekuranganya :
Kelebihan: hemat kabel
Kekurangan: peka kesalahan pengembangan jaringan lebih kaku
Topologi StaX
Topologi star layoutnya seperti bintang dan dari setiap komputer terhubung pada hub atau switch dan cara kerjanya semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemu` simpul atau client yang dipilhnya. kelebihan dan kekuranganya :
Kelebihan: paling fleksibel pemasangan / perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain kontrol terpusat, kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan kerusakan, kemudahan pengelolaan jaringan
Kekuranganya: boros kabel perlu penanganan khusus kontrol terpusat (hub) jadi elemen kritik
Route
Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Router itu sendiri berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
Modem
Modem adalah perangkat yang memodulasi sinyal analog untuk encode informasi digital, dab mendemodulasi sinyal carrier untuk decode informasi yang ditransmisi. Hasilnya adalah untuk memproduksi sinyal yang bisa ditransmisi dengan mudah dan decode untuk mereproduksa data digital asli
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digitaldiberikan kepada modem untuk diubah menjaga sinyal analog. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada computer.
c. Switch Hub 8 Port Switc.
Biasanya switch banyak digunakan untuk jaringan LAN token star Dan switch ini digunakan sebagai repeater/penguat. Berfungsi untuk menghubungkan kabel kabel UTP ( Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan komputer yang lain.Dalam switch biasanya terdapat routing, routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi
PDFmyURL.coe
dengan komputer lain dalam LAN Switch adalah hub pintar yang mempunyai kemampuan untuk menentukan tujuan MAC addresk dari packet. Daripada melewatkan packet ke semua port, switch meneruskannya ke port diman` ia dialamatkan. Jadi, switch dapat secara drastis mengurangi traffic network. Switch memelihara daftar MAC address yang dihubungkan ke port-portnya yang ia gunakan untuk menentukan kemana harus mengirimkan paketnya. Karena ia beroperasi pada MAC address bukan pada I. address, switch secara umum lebih cepat daripada sebuah router
Hub 8 port= perangkat jaringan yang terdiri dari 4 port koneksi
Hub 16 port= perangkat jaringan yang terdiri dari 16 port koneksi
e. fiber optic adalah
Fiber optik adalah sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Dan dalam pengunaannya beberapa fiber optik dijadikan satu dalam sebuah tempat yang dinamakan kabel optik dan digunakan untuk mengantarkan data digital yang berupa sinaX dalam jarak yang sangat jauh Yang terdiri dari 3 bagian. Core adalah kaca tipis yang merupakan bagian inti dari fiber optik yang dimana pengiriman sinaX dilakukan Cladding adalah materi yang mengelilingi inti yang berfungsi memantulkan sinar kembali. dalam inti(core)
Buffer Coating adalah plastic pelapis yang melindungi fiber dari kerusakan
f. UT.
UTP adalah kabel jaringan untuk koneksi antar komputer. UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair". Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair soalnya di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan
Jaringan LAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit komputer (client) dan 1 unit komputer untuk bank data (server). Antara masing-masing client maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unit-unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN. Berdasarkan kabel yang digunakan ,ada dua cara membuat jaringan LAN, yaitu dengan kabel BNC dan kabel UTP.
Keuntungan Jaringan LAN.
Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (File Sharing). Pemakaian printer dapat dilakukan oleh semua client (Printer Sharing). File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin. File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di control. Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat
Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali Komunikasi antar karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan E-Mail & Chat. Bila salah satu client/server terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui modem. 

Jaringan WAN
WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antara kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ina dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota atau pun negara.
Keuntungan Jaringan WAN.

Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang .Komunikasi antar kantor dapat menggunakan E-Mail & Chat. Dokumen/File yang biasanya dikirimkan melalui fax ataupun paket pos, dapat dikirim melalui E-mail dan Transfer file dari/ke kantor pusat dan kantor cabang dengan biaya yang relatif murah dan dalam jangka waktu yang sangat cepat. Pooling Data dan Updating Data antar kantor dapat dilakukan setiap hari pada waktu yang Ditentukan.





0 komentar:

Posting Komentar